Aplikasi BSD 2.07 hanya akan bekerja pada Aplikasi Dapodik Versi 2.07c
Sebelum melakukan instlasi, disarankan untuk mencopot/uninstall aplikasi BSD yang lama terlebih dahulu.
- Unduh file instalasi Aplikasi BSD 2.07 di sini.
- Masuk ke lokasi penyimpanan hasil unduhannya.
- Jalankan installer dengan cara melakukan klik 2x atau (disarankan) klik kanan pada file installer kemudian pilih Run as Administrator.
- Akan tampil jendela instalasi, pilih Next, dan akan muncul jendela persetujuan lisensi pilih I Accept the Agreement dan klik Next.
- Pada pilihan folder tujuan instalasi disarankan untuk membiarkan folder tujuan yang sudah secara otomatis dipilih oleh installer, kemudian klik tombol Next.
- Apabila sebelumnya sudah pernah memasang aplikasi BSD, maka akan muncul konfirmasi folder yang sama sudah ada kemudian pilih tombol Yes untuk melanjutkan.
- Pada tahap pemilihan folder start menu, lanjutkan dengan memilih tombol Next.
- Tahap selanjutnya adalah konfirmasi untuk memasang Icon di desktop, sangat disarankan untuk mempermudah penggunaan. centang Create desktop icon kemudian pilih tombol Next.
- Untuk memulai proses instalasi pilih tombol Install, namun apabila masih belum yakin dengan pengaturan sebelumnya silahkan pilih tombol Back, sedangkan untuk membatalkan proses instalasi pilih tombol Cancel.
- Proses instalasi membutuhkan waktu beberapa menit (tergantung kondisi komputer), apabila proses instalasi selesai akan muncul jendela terakhir yang menyatakan proses instalasi telah selesai, klik tombol Finish untuk menutup jendela installer.
Proses Backup Data Dapodik.
- Buka Aplikasi BSD yang sudah terpasang di komputer anda (disarankan dengan cara klik kanan pada icon kemudian pilih Run as Administrator).
- Tampilan pertama aplikasi akan menampilkan daftar sekolah yang tersimpan pada komputer tersebut, pilih tombol Lanjutkan.
- Proses backup akan langsung dimulai tahapan demi tahapan seperti yang tampil pada kotak putih, selama proses belum selesai maka tombol Kembali dan Simpan dalam kondisi tidak aktif, apabila proses berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut, dengan ukuran file harus lebih dari 10KB.
- File hasil backup akan langsung dikirim ke server P2TK dikdas, disarankan menyimpan file pada komputer lokal juga dengan memilih tombol simpan. Selesai.......
Permasalahan dan Solusi gagal ketika pengiriman ke server
- Pastikan koneksi internet anda bagus pada saat melakukan pengiriman file BSD ke server.
- Gagal koneksi ke server atau Gagal membaca alamat server. Hal ini di sebabkan karena server sedang sibuk melayani permintaan dari banyak client, selain itu di server pusat di lakukan pembatasan jumlah client yang sedang terkoneksi. Jika sudah mencapai batas/limit yang telah ditentukan, maka server akan menolak client selanjutnya, sampai trafik senggang kembali. hal ini untuk menjaga agar server tidak overload. maka disarankan untuk melakukan pengiriman pada saat jam - jam sepi.
- Gagal membaca alamat server. Jika masih terjadi hal demikian maka lakukan pembersihan cache resolver DNS di komputer anda, hal ini untuk memperbaharui cache alamat DNS yang tersimpan di system. caranya klik tombol Start Menu --> All Program --> Accessories --> Command Prompt, ketik perintah berikut : ipconfig / flushdns kemudian tekan enter.
- Gagal kirim ke server (ukuran file terlalu kecil). Hal ini bisa diatasi dengan cara, saat membuka Aplikasi BSD harus menggunakan Run as Administrator.
- Gagal kirim ke server (Batas maximal pengiriman tercapai). Hal tersebut dikarenakan telah dilakukan pengiriman lebih dari 1x dalam sehari (24 Jam). Untuk menghindari hal tersebut maka lakukan pengiriman sekali saja dalam sehari.
- Menarik data, kompresi data, selesai. Keterangan demikian menandakan proses BSD secara offline, hasil file yang disimpan bisa dikirimkan ke OP Dinas Kabupaten untuk di upload ke server P2TK.
- Data terlihat double di log Aplikasi BSD. Hal tersebut sebenarnya bukanlah data ganda, karena pada Aplikasi DAPODIKDAS data yang dihapus tidaklah di hapus secara permanen, hanya dikasih flag bahwa recordnya dihapus. BSD mengambil semua record yang ada sehingga kesannya double/ganda.
- Apabila segala upaya sudah dilakukan namun belum berhasil, anda bisa minta bantuan kepada Operator Dinas Kabupaten setempat untuk mengirimkanny ke server.